Senin, 06 Agustus 2018

Harga Batu Bata dan Batako per Biji di Pangkal Pinang


Harga Batu Bata Terbaru di di Kota Pangkal Pinang, Kabupaten Bangka, Sungai Liat, Bangka Barat, Muntok, Bangka Selatan,Toboali, Bangka Tengah, Koba, Belitung, Tanjung Pandan, Belitung Timur, Manggar Kepulauan Bangka Belitung. 

Daftar harga batu bata, batako merah dan batako putih per biji. Batu bata atau batu merah dan batu batako adalah salah satu bahan bangunan yang utama dan sering digunakan. Batu bata umumnya digunakan sebagai bahan baku utama untuk membuat dinding dari suatu bangunan, baik rumah maupun gedung perkantoran. Batu bata juga sering disebut sebagai batu merah. Sedangkan batako biasa disebut batu putih.

Secara umum ada dua macam jenis batu bata yang tersedia ditoko bangunan, yaitu batu bata merah dan batu bata putih. Batu bata merah terbuat dari tanah liat yang dicetak berbentuk kotak dan dibakar pada suhu tertentu. Sedangkan batu bata putih atau sering juga disebut batako terbuat dari campuran semen dan pasir serta kapur.

Kedua macam jenis batu tersebut tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari segi harga maupun dari segi ketahanannya dalam segala jenis cuaca. Jika anda ingin membangun rumah, sebaiknya mempertimbangkan jenis mana yang akan digunakan, apakah batu merah atau jenis batu putih. Berikut beberapa kelebihan dari batu merah dan batako.

Kelebihan Batu Bata Merah :
Cara pemasagannya lebih mudah
Strukturnya lebih kuat dan lebih tahan lama dibandingkan batako
Mudah di dapatkan karena stok batu merah banyak
Tahan terhadap api dan jarang terjadi keretakan pada dinding
Tidak membutuhkan bahan perekat khusus
Harga lebih murah dibandingkan batako

Kelebihan Batako :
Ukurannya lebih besar dari batu merah
Proses pemasangannya singkat sehingga lebih hemat biaya
Mempunyai ukuran yang seragam
Sangat ringan sehingga sangat cocok untuk rumah tinggal 2 lantai
Kedap air
Dengan mengetahui masing-masing kelebihan dari batu merah dan batako ini, maka akan lebih memudahkan bagi anda untuk menentukan pilihan mana yang akan digunakan dalam pembangunan rumah tinggal serta untuk mencapai hasil yang maksimal.

Mengenai harga, harga batu merah per biji biasanya dijual seharga 400 an rupiah, sedangkan batu putih atau batako di toko bangunan di jual pada kisaran harga 3.500 – 4.000 an rupiah per biji.

Daftar Harga Batu Bata dan Batako
Berikut ini disajikan daftar harga batu bata dan batu batako per biji untuk bulan Agustus 2018, yang dirangkum dari berbagai depo bahan bangunan.

Uraian Satuan Harga (Rp)
Batako Biji 3.500,-
Batu Bata Merah (biasa) Biji 400,-
Batu Bata Merah (oven) Biji 850,-
Batu Kali Belah m3 190.000,-
Split pickup 300.000,-
Split truk 1.200.000,-
Batu Knecker m3 230.000,-
Batu Candi (30 x 30) m2 125.000,-
Batu Andesit (30 x 30) m2 175.000,-
Batu Bali 10 kg 90.000,-
Batu Batako Putih 1 biji 3.500,-
Batu Batako Press 1 biji 3.300,-
Batu Batako Semen 1 biji 3.100,-

Demikian informasi harga batu bata dan batako terbaru untuk bulan ini yang kami rangkum dari berbagai toko dan depo bangunan. Harga batu bata ini mungkin tidak sama dengan harga yang ada di kota anda. Namun selisih harga ini biasanya dikarenakan karena distribusi material bahan bangunan yang tidak sama disetiap daerah yang ada di wilayah Indonesia. Faktor biaya produksi juga akan mengakibatkan harga bisa berbeda-beda pula.